Wednesday, April 6, 2016

17 kebudayaan indonesia yang dijadikan warisan dunia oleh UNESCO




Indonesia adalah negeri dengan berbagai macam suku dan bangsa yang menjadi satu. Maka tak heran jika indonesia memiliki beraneka ragam budaya yang tidak akan pernah membuat mata dunia bosan untuk melihat dan menikmatinya. Dan tak jarang kita yang sebagai pemilik aslinya justru melupakan kebudayaan kita sendiri sehingga ketika ada salah satu bangsa lain yang mencoba mengakui kebudayaan itu barulah kita mencoba mempertahankannya dengan berbagi cara.

Memang benar jika kita harus mempertahankan kebudayaan yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita  terhadap kita dengan cara apapun. Namun, akan lebih baik jika kita sendirilah yang pertama kali mengakui kebudayaan yang telah kita miliki. Karena dengan seperti itu bangsa lain tidak akan mencoba mengakui sisi dari kebudayaan yang kita miliki dan justru mngakui bangsa kita sebagai bangsa yang besar . karena “bangsa yang besar adalah bangsa yang mengakui apa yang ia miliki dan menjadikannya sebagai harta yang berharga untuk bersaing di kancah dunia”.

Pada kesempatan ini Negaraku akan membagikan informasi seputar apa saja kebudayaan yang telah dijadikan sebagi warisan dunia oleh lembaga UNESCO. Seperti yang telah anda ketahui lembaga UNESCO adalah lembaga khusus PBB yang didirikan pada tahun 1945 untuk mendukung perdamaian, dan keamanan dengan mempromosikan kerja sama antar negara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, peraturan hukum, HAM, dan kebebasan hakiki. (Pasal 1 Konstitusi UNESCO).

Dan berikut berbagai kebudayaan indonesia yang telah dijadika warisan dunia oleh UNESCO:

1.      Wayang Kulit 

Wayang Kulit
Wayang Kulit


Wayang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Indonesia pada tahun 2003. Wayang sebagai "Karya Agung Budaya Dunia" yang diakui oleh UNESCO bukan hanya wayang Jawa tapi wayang Indonesia, termasuk wayang Bali, wayang golek Sunda, wayang Lombok, dll. Tapi wayang yang lebih dikenal di Indonesia adalah wayang kulit Jawa. Wayang Kulit terbuat dari kulit hewan biasanya Sapi, Lembu, Kambing. Bentuk wayang sangat menarik dengan melihat keindahan artistik pahatan dan pewarnaan sang wayang. Cerita-cerita yang dimainkan berkisah tentang dewa-dewi, persilatan, percintaan dan kepahlawanan yang pertunjukkannya selalu diiringi dengan musik gamelan. Sang dalang dalam pertunjukan wayang sangat pandai membawa suasana emosi penonton mulai dari serunya peperangan sampai cerita lucu yang dibawakan sang dalang sampai membuat penonton tertawa. Tahun 1950-1960-an adalah puncak kejayaan wayang yang diakui para peneliti Barat, Boas sebagai seni pertunjukan terindah di dunia.

2.      Keris

Keris
Keris

UNESCO menyatakan Keris sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” pada tanggal 25 November 2005. Keris merupakan senjata tradisional Indonesia yang diyakini mengandung kekuatan supranatural. Raja-raja di nusantara menjadikan keris menjadi senjata pusaka. Keris telah digunakan sejak abad ke-9 dibuat dengan logam dan gagangnya dibuat dari tulang, tanduk atau kayu. Keris dibuat dari logam yang berkualitas. Keris Kuno bahkan logamnya berasal dari meteor yang jatuh ke bumi. Para Peneliti menyebut bahwa keris kuno mengandung unsur logam titanium suatu bahan yang baru pada abad 20 digunakan sebagai bahan pelapis kendaraan angkasa luar, tapi ternyata para Mpu pembuat keris telah menemukannya terlebih dahulu sebagai bahan pembuat keris.

3.      Batik
 
 Batik
Batik

Batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage). Batik dihasilkan dengan proses penulisan gambar atau ragam hias pada media apapun dengan menggunakan lilin panas dengan menggunakan canting. Batik biasanya digambar pada kain katun dan sutra. Kesenian batik telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang kepada kerajaan dan raja-raja berikutnya.

Menurut Prof. Yohanes Surya, PhD, ahli fisika Indonesia, Batik adalah lukisan tentang alam dan dinamikanya. Berbeda dengan para pelukis naturalis yang melukis alam persis seperti apa yang dilihatnya, para pencipta batik melukis alam dari sisi yang lebih dalam. Pencipta batik mencari pola dasar dari suatu fenomena yang dilihatnya itu. Dari pola dasar ini ditambah dengan beberapa aturan sederhana, pencipta batik dapat menghasilkan lukisan batik. Butuh suatu kejeniusan untuk melihat pola dasar dan mencari aturan ini.
Setelah 3 hasil budaya Indonesia itu diharapkan Indonesia juga mendaftarkan kebudayaan Indonesia yang lainnya. Dan masih banyak kekayaan Indonesia yang pantas disebut sebagai warisan budaya dunia.

4.      Gamelan

Gamelan
Gamelan

Merupakan seperangkat peralatan musik tradisional yang dimiliki masyarakat Jawa, Madura, Bali, dan Lombok. Perangkat gamelan ini terdiri beragam alat musik tradisional, antara lain saron, kenong, bonang, gong,  demung, dsb. Gamelan biasanya lebih menonjolkan metalofon. Pada dasarnya bunyi gamelan dihasilkan dari peralatan berbahan baku logam dan memainkannya dengan cara memukul/dipukul sebagaimana arti kata gamelan itu sendiri.

Gamelan menjadi alat musik pengiring untuk pertunjukan-pertunjukan kesenian-kesenian tradisional. Kesenian-kesenian tradisional yang biasa diiringi oleh gamelan antara lain wayang, mekidung, kuda lumping, dsb.

Kini gamelan tidak hanya berkembang di Indonesia. Beberapa negara, lewat komunitas seniman ataupun kampus pendidikan, turut juga mempelajari dan mengembangkannya. Tidak sedikit ahli-ahli gamelan Indonesia diundang untuk mengajari cara memainkan gamelan. Dan jangan heran para bule-bule tersebut kini mahir memainkan gamelan. Australia, Amerika Serikat, Jepang adalah negara-negara yang mempunyai komunitas pengembang gamelan.

5.    Tradisi Sekaten

Tradisi Sekaten
Tradisi Sekaten

Sekaten atau upacara Sekaten merupakan tradisi masyarakat Jogjakarta dan Surakarta dalam rangka memperingati kelahiran Nabi besar umat Islam, Muhammad SAW. Menurut catatan sejarah Nabi Muhammad SAW lahir pada 12 rabiul awal tahun Gajah di Tanah Arab. Dalam sistem almanak Jawa bulan Rabiul Awal disebut Mulud atau Maulud, yang berarti kelahiran. Namun dalam perayaan Sekaten biasanya dilaksanakan pada tanggal 5 Maulud.

Sekaten berasal dari kalimah syahadatain yang berbunyi asyhadu anla ilaha illallah, wa asyhadu anna muhammadarrasulullah. Artinya, “Saya bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah, dan Saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah”. Dalam keyakinan umat muslim syahadat merupakan rukun iman yang pertama. Kalimat tersebut diucapkan sebagai bentuk sumpah dirinya sebagi umat muslim.

Sekaten pada mulanya dilakukan oleh Sultan Hamengkubowo I dalam rangka mengajak rakyatnya untuk memeluk agama Islam, yaitu dengan mengucapkan syahadat. Dalam Wikipedia dituliskan, “Pada hari pertama, upacara diawali saat malam hari dengan iring-iringan abdi Dalem (punggawa kraton) bersama-sama dengan dua set gamelan Jawa: Kyai Nogowilogo dan Kyai Gunturmadu. Iring-iringan ini bermula dari pendopo Ponconiti menuju masjid Agung di alun-alun utara dengan dikawal oleh prajurit Kraton. Kyai Nogowilogo akan menempati sisi utara dari masjid Agung, sementara Kyai Gunturmadu akan berada di Pagongan sebelah selatan masjid. Kedua set gamelan ini akan dimainkan secara bersamaan sampai dengan tanggal 11 bulan Mulud selama 7 hari berturut-turut. Pada malam hari terakhir, kedua gamelan ini akan dibawa pulang ke dalam Kraton. Namun dalam perkembangannya perayaan Sekaten, setelah upacara tradisi di atas, kini lebih dekat dengan perayaan pasar malam.

6.      Lumpiah

Lumpiah
Lumpiah


Telah ratusan tahun yang lalu orang-orang Tionghoa telah menjejakkan kakinya di bumi nusantara. Salah satu kota yang menjadi tempat tersebut adalah Semarang. Semarang memungkinkan menjadi tempat yang pertama disinggahi dan menjadi tempat tinggal tidak lepas karena letak Semarang yang berada di pesisir utara pulau jawa. Dengan menggunakan sarana transportasi laut orang-orang Tionghoa tersebut menyentuh Jawa lewat Semarang. Dan akulturasi budaya pun tidak terelakkan. Salah satunya pada sisi kuliner, yaitu lumpia.

Tidak dapat dinafikan bahwa lumpia berasal dari kreativitas orang-orang Tionghoa sebagaimana bakso dan bakpao. Ba dalam makanan tersebut berarti babi. Bakso dan bakpao pada mulanya memang mengandung daging babi. Karena masyarakat nusantara umumnya yang beragama muslim makanya mengubah isinya dengan daging atau kacang-kacangan yang tidak diharamkan bagi umat muslim.
Kini makanan yang terbuat dari lembaran gandum dan diisi dengan daging rebung (bamboo muda) tersebut telah menjadi ikon kuliner kota Semarang.

Teknis Pengakuan budaya gamelan sekaten dan lumpiah.

Sebelumnya untuk mendapatkan pengakuan dunia oleh UNESCO ketiga warisan budaya tersebut melewati beberapa proses. Dinas Kebudayaan terkait bekerjasama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta (Membawahi tiga wilayah di Jawa, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta).  Kemudian warisan budaya tersebut diusulkan untuk dikaji oleh Subdit Kekayaan Budaya Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selanjutnya diusulkan ke UNESCO untuk mendapat pengakuan.

Pengakuan ketiga warisan budaya tersebut menambah daftar panjang warisan budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO. Kini tugas kita adalah mendorong dinas-dinas terkait untuk kembali meneliti kebudayaan-kebudayaan setempat untuk didaftarkan untuk mendapat pengakuan. Dan hal yang lebih penting lagi adalah kita menjaga dan merawatnya agar tidak hilang dimakan jaman. [nia513]

7.      Angklung

Angklung
Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional dari Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu dan mempunyai bentuk seperti pipa. Cara memainkannya sangat mudah, angklung cukup digoyangkan saja, dan tiap ukuran angklung akan menghasilkan nada yang berbeda.

Saat ini, ada angklung tidak hanya berkembang di daerah Jawa Barat saja, alat musik ini pun berkembang di sekitar Sunda, terbukti dari bervariasinya jenis angklung yang ada seperti angklung reog dan angklung banyuwangi. Sempat diakui oleh negara tetangga, akhirnya angklung resmi ditetapkan sebagai warisan budaya dari Indonesia oleh UNESCO pada tahun 2010.

8.      Tari Saman Gayo

Tari Saman Gayo
Tari Saman Gayo


Tari saman atau tari saman gayo merupakan tarian yang berasal dari Aceh. Tarian yang terdiri dari banyak penari yang duduk simpuh berjejer ini mempunyai gerakan yang sangat unik dan mempunyai filosofi yang dalam yang merupakan khas dari Aceh sendiri yang banyak disukai oleh warga Aceh sekitar.

Biasanya, tarian ini dilakukan dalam acara-acara tertentu misalnya menyambut tamu penting di Aceh yang memberikan jamuan khusus tarian Aceh yang di sajikan oleh beberapa penari Aceh yang mahir dalam menari Saman. Akhirnya, pada tahun 2011 lalu, tari saman gayo telah resmi menjadi situs warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

9.      Noken

 Noken
Noken


Noken merupakan salah satu hasil karya seni orang Papua yang berbentuk tas. Tas noken yang terbuat dari kulit kayu yang dikeringkan, dipintal menjadi benang lalu dianyam ini biasa dipakai orang Papua menggunakan kepala untuk membawa barang-barang belanjaan sampai untuk menggendong anak.
Tas noken adalah tas yang asli dibuat oleh wanita Papua, dan pembuatan tas ini pun menjadi simbol bahwa wanita tersebut telah dewasa sehingga siap untuk menikah. Karena hanya ada di Papua, pemerintah Indonesia mengajukan tas noken ke UNESCO, dan akhirnya diakui sebagai warisan budaya Indonesia pada 4 Desember 2014 lalu.

10.  Subak Bali

Subak Bali
Subak Bali


Subak di Bali adalah sebuah sistem tradisional orang Bali untuk membagi irigasi untuk persawahan padi orang Bali. Dalam sistem subak, kepentingan petani sangat diprioritaskan agar hasil panen menjadi maksimal Sistem ini sangat baik diaplikasikan dalam pertanian untuk membantu menyuburkan hasil panen warga sekitar yang penghasilannya bergantung pada hasil panenny, apalagi ketika kekeringan dan hama menyerang ketika pada pergantian musim di Indonesia yang berganti dalam kurun waktu tertentu.

Kemudian, sistem subak di Bali resmi diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia dari Indonesia pada tahun 2012 lalu.

11.  Taman Nasional Ujung Kulon, Banten

Taman Nasional Ujung Kulon, Banten
Taman Nasional Ujung Kulon, Banten


Diakui pada tahun 1991. Wilayah nya mencakup hutan lindung yang sangat luas dan merupakan habitat asli dari badak bercula satu.

12.  Taman Nasional Komodo, NTT

 Taman Nasional Komodo, NTT
Taman Nasional Komodo, NTT
 
Diakui pada tahun 1991. Taman nasional komodo ini didirikan dengan tujuan untuk melindungi habitat asli dari komodo yang dikategorikan ke dalam hewan yang hampir punah.

13.  Taman Nasional Lorentz, Papua

Taman Nasional Lorentz, Papua
Taman Nasional Lorentz, Papua
 
Diakui tahun 1991. Di taman lorentz ini terdapat banyak sekali keanekaragaman hayati yang tinggi dan kebudayaan yang mengagumkan. Diperkirakan kebudayaan yang terdapat di taman ini berumur 30.000 tahun.

14.  Hutan Tropis Sumatera

 Hutan Tropis Sumatera
Hutan Tropis Sumatera

 
Yang mencakup Taman Nasional Gunung Leuseur, Kerinci Seblatdan Bukit Barisan yang diakui Tahun 2004.
15.  Candi Borobudur, Jawa Tengah

Keindahan Candi Borobudur malam hari
Keindahan Candi Borobudur malam hari
 
Diakui pada tahun 1991. Borobudur merupakan kuil/candi buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen buddha terbesar di dunia.

16.  Candi Prambanan, Jawa Tengah

Candi Prambanan malam hari
Candi Prambanan malam hari
 
Diakui pada tahun 1991. Candi prambanan/canti loro jonggrang adalah kompleks candi hindu terbesar di indonesia dan juga diakui dengan candi terindah di asia tenggara.

17.  Situs Manusia Purba Sangiran, Jawa Tengah
 
Museum Fosil Sangiran
Museum Fosil Sangiran
 
Diakui pada tahun 2004. Sangiran diakui oleh para ilmuwan menjadi situs paling penting di dunia terutama dalam mempelajari fosil manusia.

Artikel ini dikutip dari berbagai sumber
Load disqus comments

0 comments