Monday, February 1, 2016

Cara mencetak dokumen bolak balik (duplex)


lembar duplex
lembar duplex

Pernakah anda berfikir ketika hendak mencetak makalah atau dokumen sejenisnya menjadi bolak balik? Jika iya, pasti anda merasa diuntungkan. Karena biaya yang akan anda keluarkan jauh lebih aedikit dari pada biaya yang seharuanya.
Tapi bagaimana caranya?
Pada dasarnya semua merk produk printer di seluruh dunia sudah menyediakan cara mencetak bolak-balik atau yang biasa di sebut teknik dupkex ini. Namun, karena kebanyakan orang cenderung lebih suka mencetak dengan cara sebagian saja. Maka cara duplex ini pun tidak banyak yang mengetahui.
Nah, atas dasar permasalahan itulah kali ini "negaraku" akan membahas cara mencetak bolak-balik ini.
Pada tutorial ini, fokus utamanya berada pada pengaturan printer bukan pada pengaturan dokumen dimana pada proses mencetak nanti printer akan secara otomatis menyusun halaman per halaman, sehingga anda tidak perlu mengaturnya berkali-kali. Dan berikut step by step agar bisa mencetak duplex.



Bukalah dokumen yang ingin anda cetak, pada tahap ini saya asumsikan kalau dokumen anda sudah siap  cetak. tutorial ini saya menggunakan printer canon ip 2770.
dokumen yang siap cetak
dokumen yang siap cetak

Selanjutnya langsung saja kita tekan tombol kombinasi ctrl+p sehingga akan muncul tampilan jendela print seperti gambar dibawah ini
jendela printing
jendela printing

Selanjutnya kita pilih dan klik properties. Sehingga muncul tampilan seperti dibawah ini.
jendela properties printer ip2770 settingan biasa
jendela properties printer ip2770 settingan biasa

Selanjutnya kita beri tanda centang pada  opsi duplex printing. setelah itu kita klik ok.  Selanjutnya klik ok dan proses printing pun akan dimulai. Pada tahap ini proses mencetak meloncati satu halaman. 

settiog duplex
settiog duplex
jendela printing
jendela printing

Tunggu proses mencetaknya selesai  hingga ada sebuah perintah untuk memasukan kertas kembali. Masukan kertas yang sama namun letakan bagian yang kosong di depan agar printer mencetak lembar baliknya disana.
perintah untuk membalik kertas
perintah untuk membalik kertas
Demikianlah tutorial mencetak bolak-balik (duplex). untuk tutorial lainnya silahkan klik link ini.

Load disqus comments

0 comments