Saturday, January 2, 2016

Penemuan teknologi terbaru tahun 2015




Penemuan teknologi terbaru tahun 2015

Tahun 2015 sudah kita tinggalkan, dan tahun 2016 sudah mulai kita jalani. Kalau kita lihat kebelakang, tanpa kita sadari telah banyak peristiwa yang telah mengubah cara pandang dunia terhadap beberapa hal. dan dalam kasus ini teknologi pun ikut andil dalam terjadinya perubahan tersebut. nah, kira-kira apa sih teknologi yang telah mengubah cara pandang dunia selama tahun 2015? Oke, langsung kita jabarkan saja.

 1.gadget atau smartphone
gambar smartphone
gambar smartphone
tentunya anda sudah tahu apa itu gadget atau smartphone. gadget atau smartphone merupakan teknologi ponsel pintar yang beberapa tahun ini telah hadir dan digunakan oleh hampir kebanyakan penduduk dunia. kempampunannya untuk memperoleh informasi dengan cepat dan mudah digunakan oleh siapa saja membuat perkembangan teknologi smartphone ini semakin meningkat dipasaran. dan pada tahun 2015 ini perkembangan teknologi ini pun tidak hanya menguasai pasar informasi saja. perkembangan aplikasi penunjang kegiatan sehari-hari, permainan, produksi perfilman dan dan beberapa bidang lainnya pun mulai menggunakan teknologi ini sebagai penunjang utama.

2. Drone (pesawat tanpa awak)
gambar drone
gambar drone
Drone atau pesawat tanpa awak mulanya dibuat untuk keperluaan militer pada masa perang dunia. namun seiring berjalannya waktu teknologi drone ini mulai di kembangkan lagi untuk berbagai keperluan yang diantaranya  misi penyelamatan dan pencarian (SAR), pembuatan film dan dokumentasi, dan kegiatan sipil lainnya.

3. Printer 3D
gambar Printer 3D
gambar Pinter 3D
perkembangan teknologi printer kini semakin berkembang pesat. disamping hadirnya printer tanpa kabel atau biasa disebut printer wireles, perkembangan printer pun kembali menghadirkan variasi baru yakni printer 3d. sebuah printer yang dapat mencetak data maupun objek dalam bentuk 3 dimensi. Dan dalam perkembangannya printer 3d ini sudah mulai digunakan untuk memproduksi benda-benda tekstil sejenis sepatu dan lainnya serta mulai digunakan pula oleh perusahaan makanan yakni untuk membuat permen. dan baru-baru ini pula banyak negara yang mulai mengembangkan teknologi ini  untuk keperluar pembuatan properti seperti pembuatan jembatan dan bahkan pesawat.

4. Nanobots DNA
gambar nanobots
Nanobots
Nanobots DNA merupakan  suatu teknologi yang di fungsingkan di dunia kedokteran. nanobots ini merupakan sebuah teknologi yang diciptakan untuk mengontrol molekul  sebuah sel tertentu. dan dalam prakteknya nanobots ini telah banyak difungsikan untuk mendeteksi sel penyebab penyakit kanker .

5. Sel pembantu perbaikan sumsum tulang belakang


Salah satu inovasi teknologi terbaru yang bermanfaat dibidang kesehatan adalah penemuan sel sel hidup yang bisa digunakan untuk membantu penyembuhan sel-sel sumsum tulang belakang. Penemuan ini merupakan penemuan besar yang ditemukan oleh para ahli dari kampus Wrocwar Medical University. Manfaat utama dari penemuan ini adalah kemampuan untuk memulihkan sistem syaraf yang bermasalah. Prinsip kerjanya adalah bagaimana mengambil sel hidup kemudian ditransplantasikan untuk meransang saraf yang telah rusak sehingga bisa kembali sembuh dan menyatu kembali.

6. Nanotubes

Merupakan molekul karbon sangat besar dengan berbentuk tabung beserta termal dan dengan sifat elektrik yang berbeda dengan karbon serta molekul yang lain. Selain itu Nanotubes juga bisa menghasilkan proses fotosintetis di sebuah tanaman saat dimasukkan dalam kloroplas tanaman itu.
Load disqus comments

0 comments